ICA Luncurkan Tahun Koperasi Dunia 2012

ICA Luncurkan Tahun Koperasi Dunia 2012

Jakarta, Induk KUD – International Co-operatives Alliance (ICA) telah meluncurkan pencanangan International Year of Co-operatives 2012 di Cancun, Meksiko, 14-18 November 2011. Peluncuran yang dihadiri 3000 penggerak koperasi dunia tersebut sekaligus membuka rapat anggota ICA yang membahas sejumlah agenda terkait perkembangan isu perkoperasian di dunia.

Dalam pengantarnya, ICA President Dame Pauline Green menyampaikan, sejak PBB menyatakan tahun 2012 sebagai Tahun Koperasi Dunia, ICA menyambut kesempatan besar itu dengan memerankan peran dan langkah besar bagi pertumbuhan gerakan koperasi di seluruh dunia. Peningkatan kemampuan dan pengetahuan dilakukan secara besar, sekaligus menitikberatkan perkembangan bisnis koperasi secara berkelanjutan yang dapat menjangkau semua anggota.

Nilai dan prinsip tersebut, kata Pauline, telah menginspirasikan gerakan koperasi dunia ini yang kini hampir berusia 200 tahun. Untuk itu koperasi dunia perlu mencari kreativitas, inovasi, dan strategi dalam menghadapi perkembangan global saat ini. Hal itu menjadi modal utama dalam memperoleh keuntungan bersama, dan tahun 2012 menjadi awal kunci keberhasilan dalam meraih pengaruh dunia sekaligus terus memberikan dukungan kepada pertumbuhan bisnis baru koperasi di seluruh dunia pada masa yang akan datang.

“Peluncuran Tahun Koperasi Dunia 2012 di Meksiko, seperti menghidupkan kembali sebuah pilihan dengan rasa aman menghadapi kapitalisme sebagai penyebab krisis keuangan diberbagai belahan dunia”, ungkap Pauline.

Peluncuran International Year of Co-operatives 2012 telah menentukan tema Co-operative Enterprises Build a Better World, dan akan mengagendakan rapat anggota yang akan membentuk kepengurusan baru, konferensi, dan lokakarya perkoperasian dunia yang berlangsung selama sepekan. (DI)

Share

admin